expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Sunday 25 January 2015

[Special Giveaways] #MBRCKBI2015 : Monthly Book Review Challenge 2015


Hola!

Siapa suka tantangan?
Yuk ah simak tantangan terbaru ini, huehehe~

Sesuai judulnya, kali ini saya memberikan tantangan berupa tantangan bulanan, yang konsepnya sangat berbeda dibandingkan tantangan-tantangan dari saya di giveaways sebelumnya. Tantangan kali ini mewajibkan kalian untuk membuat sebuah review terhadap buku yang wajib dibaca dan dibahas bersama setiap bulannya.

Tantangan ini mengadopsi salah satu program bulanan di grup Whatsapp Klub Buku Indonesia sejak tahun 2013 lalu. Biasanya, program ini hanya meminta anggota grup untuk sama-sama membaca dan membahas sebuah buku yang ditentukan bersama, dengan dimediasi oleh seorang moderator. Kali ini, saya ingin membuatnya sedikit berbeda, dengan harapan saya bisa menemukan wajah-wajah baru yang menjadi reviewer karena nyaris setiap bulannya yang secara aktif terlibat di dalam pembahasan hanya wajah (dan jempol!) yang itu-itu saja. Harapa lainnya, ya supaya pembahasan itu tidak menjadi pembahasan "biasa" yang disimak dengan cara "biasa" dan kemudian didokumentasikan dalam bentuk pdf untuk disebar-sebar ke anggota lain bersama dengan pembahasan-pembahasan grup lainnya juga, yang anggota-anggota lain itu belum tentu membaca pdf tersebut.

Program untuk review pdf pembahasan dimulai pula di bulan Januari 2015, begitu juga dengan program #MBRCKBI2015 ini. Pembahasan buku bersama tahun 2015 secara perdana akan dilakukan dengan membahas buku Jonas Jonasson yang berjudul The Hundred-Year-Old Man Who Climbed Out the Window and Disappeared pada tanggal 27 Januari 2015 di dalam grup Whatsapp Klub Buku Indonesia pukul 20.00 WIB. Jadi, review perdana untuk #MBRCKBI2015 secara resmi dimulai per tanggal 27 Januari 2015 pula.

Penasaran?
Ayo disimak ketentuannya...
\(^o^)/

***

#MBRCKBI2015

Gambaran Singkat
#MBRCKBI2015 merupakan sebuah tantangan mewajibkan peserta untuk membuat review terhadap buku bacaan bersama yang dibahas setiap satu bulan sekali, dengan judul buku dan moderator yang berbeda-beda setiap bulannya, di dalam grup Whatsapp Klub Buku Indonesia.

Peserta untuk #MBRCKBI2015 hanya diperuntukkan bagi anggota grup Whatsapp Klub Buku Indonesia, mengingat pembahasan bulanan ini hanya berjalan di dalam grup Whatsapp dan tidak berjalan di grup Line.

Peraturan Umum
  1. Peserta merupakan anggota grup Whatsapp Klub Buku Indonesia, baik aktif maupun pasif. Apabila di masa perlombaan (sepanjang tahun 2015) ada peserta yang meninggalkan grup, maka dia secara otomatis dianggap mengundurkan diri sebagai peserta tantangan #MBRCKBI2015 dan semua tulisan yang pernah dikumpulkan olehnya akan dianulir.
  2. Tantangan berlaku di setiap bulan, dengan mengirimkan tulisan hasil review kepada saya.
  3. Setiap peserta hanya diperbolehkan untuk mengirimkan review sebanyak satu kali untuk setiap buku yang dibahas. 
  4. Peserta tidak diharuskan untuk rutin mengirimkan tulisan hasil review setiap bulan (total ada 12 reviews). Jumlah review minimal yang wajib dikumpulkan adalah 7 (boleh random mengirim review buku yang dibahas di bulan tertentu saja). Akan tetapi, jika peserta mampu secara rutin mengumpulkan seluruh review buku bahasan bulanan bersama di tahun 2015, maka akan mendapatkan kesempatan lebih besar dan mendapat prioritas untuk memenangkan tantangan #MBRCKBI2015 ini.
  5. Sebelum proses penjurian berlangsung (setelah pembahasan buku ke-12 di tahun 2015 selesai), peserta masih diperbolehkan untuk melakukan editing terhadap tulisan-tulisan review miliknya.
  6. Tulisan hasil review dikumpulkan paling telat seminggu setelah pembahasan buku berlangsung. Jika pembahasan berlangsung pada tanggal 27 Januari 2015, maka tulisan review wajib dikumpulkan ke saya paling telat tanggal 3 Februari 2015 pukul 23.59 WIB. Apabila tulisan dikirimkan lewat dari batas waktu tersebut, maka tulisan yang dikumpulkan tidak akan masuk ke dalam proses perhitungan akhir.
  7. Update tulisan setiap peserta akan dimasukkan ke dalam bagian akhir dari pengumuman ini. Jadi, siapapun bisa membacanya.

Peraturan Khusus
  1. Peserta HARUS memiliki blog (platform apapun; blogger, wordpress, tumblr, dan lainnya) karena tulisan hasil review wajib dipublikasikan melalui blog masing-masing peserta. Jadi, jika kalian belum memiliki blog, ayo segera membuat blog terlebih dahulu untuk menjadi peserta #MBRCKBI2015. Kenapa wajib ditulis di blog? Ya supaya kita sama-sama belajar menjadi blogger buku, hihihi.
  2. Peserta wajib follow akun twitter @niafajriyani dan @KlubBuku.
  3. Kirim link tulisan hasil review kalian melalui email niafajriyani@gmail.com (supaya data tidak mudah hilang) dan dipublikasikan pula melalui twitter dengan mention akun twitter @niafajriyani dan @KlubBuku (supaya lebih banyak lagi yang bisa membaca tulisan kalian). 
  4. Tulisan hasil review kalian boleh dipublikasikan ke media lain selama masa #MBRCKBI2015 berlangsung. Boleh juga diikutsertakan di dalam lomba lainnya. Bebas. 
  5. Tidak ada batasan jumlah minimal dan maksimal kata untuk tulisan hasil review. Kreasikan sesuai yang kalian inginkan. 
  6. Di akhir tulisan, kalian WAJIB mencantumkan #MBRCKBI2015, kemudian masukkan backlink ke informasi ini [insert URL link - htpp://kata-nia.blogspot.com/2015/01/MBRCKBI2015
  7. Tambahkan banner berikut di dalam blog kalian. Sebagai contoh, bisa dilihat di sidebar pojok kanan atas blog saya ini.

Ketentuan Membuat Tulisan
Bentuk review buku dibebaskan. Bentuk publikasi tulisan di dalam blog juga dibebaskan. Saya tidak akan memberikan batasan tertentu karena akan mempersempit ruang kreasi kalian dalam membuat review. Hanya saja, ada beberapa catatan yang perlu kalian simak, yaitu:
  1. Buku yang kalian review boleh hasil membeli sendiri, boleh juga berformat ebook, boleh juga hasil pinjaman.
  2. Wajib mencantumkan bukti-bukti terkait buku yang dibahas, misalnya foto buku atau screen-captured ebook yang kalian baca sebagai materi.
  3. Wajib mencantumkan hal-hal selain blurb/sinopsis/rangkuman/gambaran umum terkait buku yang dibahas. Misalnya, membandingkan kejadian di dalam buku dengan isu-isu tertentu, analisis kalian terkait karakter dan isu yang dibahas di dalam buku, atau membandingkan dengan ide atau tema serupa di dalam buku/film/catatan lainnya. Bebas juga jika ingin memasukkan gambar/video yang mendukung isi review. Boleh juga dengan mencantumkan quote favorit kalian dari buku-buku yang kalian review.
  4. Berhubung ini juga merupakan buku yang dibahas di dalam grup Klub Buku Indonesia, maka kalian wajib mencantumkan pendapat atau pandangan kalian mengenai hal-hal yang dibahas bersama ketika buku dibedah di dalam grup. Boleh juga berupa brief review mengenai rangkuman isi pembahasan tersebut. Akan lebih bagus lagi apabila kalian juga secara aktif terlibat di dalam pembahasan dan memasukkan pendapat-pendapat yang kalian kemukakan ketika membahas buku di dalam grup, untuk kalian cantumkan ke dalam tulisan review di dalam blog kalian.
  5. Apabila kalian belum sempat membaca untuk pembahasan bulanan, misalnya karena kalian tidak terburu untuk membaca bukunya hingga selesai sebelum pembahasan berlangsung atau belum/tidak memiliki bukunya atau tidak mendapatkan pinjaman buku atau versi ebook juga tidak tersedia, kalian tetap boleh terlibat di dalam pembahasan dan membuat tulisan isi review dengan berpedoman pada materi-materi lainnya. Jangan lupa untuk mencantumkan materi-materi yang kalian jadikan pedoman di dalam tulisan isi review kalian (link terkait atau screen-captured dari materi-materi tersebut).
  6. Jika kalian sudah pernah membuat review buku sebelum buku tersebut dijadikan materi buku bacaan bersama di dalam grup Whatsapp Klub Buku Indonesia, kalian tetap diperbolehkan mengirimkan isi review kalian kepada saya. Mengedit isi review yang sudah pernah dibuat tersebut, juga diperbolehkan. Membuat review baru dengan berpatokan pada review lama, ditambah dengan isi pembahasan yang baru, ini juga diperbolehkan. Asalkan, ingat poin 3 di dalam Peraturan Umum, tulisan yang diikutsertakan di dalam tantangan #MBRCKBI2015 hanya satu buah untuk setiap buku yang dibahas bulanan.

Hadiah
Hadiah untuk pemenang utama adalah sebagai berikut:
  1. Paket buku dari saya
  2. Paket buku dari Mamah Asti
  3. Paket buku dan voucher yang bisa ditukarkan dengan buku dari Kak Enny

Ingat...

Hadiah yang tercantum di atas merupakan hadiah untuk satu orang pemenang utama.


***

Kompetisi ini diadakan di sepanjang tahun 2015. Pemenang dipilih berdasarkan penilaian utama dari saya. Poin utama dari penilaian ini adalah di konsistensi dan kekayaan isi tulisan. Jadi, perkaya informasi dan materi kalian dalam membuat review serta kuatkan motivasi kalian untuk mengikuti tantangan ini hingga akhir tahun.

Keputusan akhir tidak dapat diganggu gugat.

Selamat membaca, selamat berdiskusi secara aktif di dalam grup, selamat menulis, dan selamat membuat review!!!

Secara khusus, teteuupp... saya sangat menantikan kemunculan wajah-wajah baru di blantika per-review-an grup Klub Buku Indonesia.

Jangan lupa, review materi pdf juga dinantikan lho. Review perdana ditunggu paling lambat tanggal 31 Januari 2015.



***

UPDATE PESERTA


Januari
Pengarang: Jonas Jonasson
Judul Buku: The Hundred-Year-Old Man Who Climbed Out the Window and Disappeared
Pembahasan: Selasa, 27 Januari 2015
Deadline: Selasa, 3 Februari 2015
  1. Angsukma Putri Dewayanti (Moderator) - via email
  2. Fitriansyah - via twitter
  3. Nurul Fadhilah Yaumil - via email
  4. Dwi Ananta Sari - via email dan twitter
  5. Rifdha Shadrina - via email dan twitter
  6. Siti Lutfiyah Azizah - via email dan twitter
  7. Diah Rizki Fitriani - via email dan twitter

Februari
Pengarang: Amin Maalouf
Judul Buku: Cadas Tanios
Pembahasan: Sabtu, 28 Februari 2015
Deadline: Sabtu, 7 Maret 2015
  1. Ipeh Alena - via twitter
  2. Afrianti Eka Pratiwi - via email dan twitter
  3. Rifdha Shadrina - via twitter
  4. Dwi Ananta Sari - via twitter
  5. Diah Rizki Fitriani - via twitter
  6. Puspa Kartika Prima - via email dan twitter
  7. Angsukma Putri Dewayanti - via email dan twitter
  8. Fitriansyah - via twitter
  9. Nurul Fadhilah Yaumil - via email dan twitter

Maret
Pengarang: George Orwell
Judul Buku: 1984
Pembahasan: Sabtu, 28 Maret 2015
Deadline: Sabtu, 4 April 2015
  1. Ipeh Alena - via twitter
  2. Angsukma Putri Dewayanti - via twitter
  3. Nurul Fadhilah Yaumil - via twitter dan email

April
Pengarang: Karen Armstrong
Judul Buku: Sejarah Tuhan 
Pembahasan: Sabtu (25 April 2015), Minggu (26 April 2015), dan Jumat (1 Mei 2015)
Deadline: Sabtu, 4 April 2015
  1. Fitriansyah - via twitter
  2. Rifdha Shadrina - via twitter
  3. Angsukma Putri Dewayanti - via twitter 

Mei
Pengarang: Harper Lee
Judul Buku: To Kill a Mockingbird
Pembahasan: Kamis, 21 Mei 2015
Deadline: Kamis, 28 Mei 2015

  1. Rifdha Shadrina - via twitter
  2. Fitriansyah - via twitter
  3. Nurul Fadhilah Yaumil - via twitter dan email
  4. Angsukma Putri Dewayanti - via twitter

Juni
Pengarang: Habiburrahman El Shirazy
Judul Buku: Pudarnya Pesona Cleopatra
Pembahasan: Sabtu (13 Juni 2015), Minggu (14 Juni 2015), dan Minggu (28 Juni 2015)
Deadline: Minggu, 4 Juli 2015
  1. Fitriansyah - via twitter
  2. Angsukma Putri Dewayanti - via twitter
  3. Nurul Fadhilah Yaumil - via email dan twitter

Juli
Pengarang: Raditya Dika
Judul Buku: Kambing Jantan
Pembahasan: Minggu, 26 Juli 2015
Deadline: Minggu, 2 Agustus 2015
  1. Nurul Fadhilah Yaumil - via twitter dan email
  2. Fitriansyah - via twitter
  3. Angsukma Putri Dewayanti - via twitter (terlambat)

Agustus
Pengarang: Jaroslav Hasek
Judul Buku: Prajurit Schweik
Pembahasan: Selasa, 25 Agustus 2015
Deadline: Selasa, 1 September 2015
  1. Fitriansyah - via twitter 
  2. Rifdha Shadrina - via twitter
  3. Nurul Fadhilah Yaumil - via twitter dan email
  4. Angsukma Putri Dewayanti - via twitter

September
Pengarang: Andrea Hirata
Judul Buku: Ayah
Pembahasan: Selasa, 13 Oktober 2015
Deadline: Selasa, 20 Oktober 2015
  1. Angsukma Putri Dewayanti - via twitter 
  2. Nurul Fadhilah Yaumil - via email dan twitter
  3. Fitriansyah - via twitter
  4. Rifdha Shadrina - via twitter

Oktober
Pengarang: Puthut EA
Judul Buku: Cinta Tak Pernah Tepat Waktu
Pembahasan: Kamis, 22 Oktober 2015
Deadline: Kamis, 29 Oktober 2015
  1. Fitriansyah - via twitter 
  2. Nurul Fadhilah Yaumil - via email dan twitter
  3. Rifdha Shadrina - via twitter (terlambat)

November
Pengarang: William Shakespeare
Judul Buku: Hamlet
Pembahasan: Kamis (26 November 2015) dan Kamis (10 Desember 2015)
Deadline: Kamis, 17 Desember 2015
  1. Angsukma Putri Dewayanti - via twitter 
  2. Nurul Fadhilah Yaumil - via email dan twitter
  3. Rifdha Shadrina - via twitter
  4. Fitriansyah - via twitter (terlambat)

Desember
Pengarang: Alexandre Dumas
Judul Buku: The Three Musketeers
Pembahasan: Kamis, 17 Desember 2015
Deadline: Kamis, 24 Desember 2015
  1. Angsukma Putri Dewayanti - via twitter 
  2. Rifdha Shadrina - via twitter
  3. Nurul Fadhilah Yaumil - via email dan twitter
  4. Fitriansyah - via twitter

DATA KESELURUHAN
No
Nama Peserta
Reviews
Anulir
Total Reviews
Status
1
Angsukma Putri Dewayanti
11
1 (KJ)
10
Valid
2
Fitriansyah
11
1 (H)
10
Valid
3
Nurul Fadhilah Yaumil
11
0
11
Valid
4
Dwi Ananta Sari
2
0
2
Invalid
5
Rifdha Shadrina
9
1 (CTPTW)
8
Valid
6
Siti Lutfiyah Azizah
1
0
1
Invalid
7
Diah Rizki Fitriani
2
0
2
Invalid
8
Ipeh Alena
2
0
2
Invalid
9
Afrianti Eka Pratiwi
1
0
1
Invalid
10
Puspa Kartika Prima
1
0
1
Invalid


PESERTA YANG LOLOS KE BABAK AKHIR
No
Nama Peserta
Total Reviews
1
Angsukma Putri Dewayanti
10
2
Fitriansyah
10
3
Nurul Fadhilah Yaumil
11
4
Rifdha Shadrina
8



***

Selamat kepada seluruh peserta yang lolos ke babak penilaian akhir.

Peserta yang lolos ke babak penilaian akhir masih diberikan kesempatan untuk memperbaiki tulisan di blog masing-masing hingga tanggal 31 Desember 2015.

Tulisan yang diperbaiki adalah yang sesuai dengan data di total reviews; tulisan-tulisan yang tidak dianulir. Hasil perbaikan tulisan yang paling terakhir WAJIB dikirimkan dalam format microsoft word ke email niafajriyani@gmail.com paling lambat tanggal 31 Desember 2015 pukul 23.59 WIB. Seluruh tulisan dikirimkan dalam satu file yang sama, cukup dengan satu kali pengiriman, dengan subject #MBRCKBI2015.

Pengumuman pemenang akan dipublikasikan di blog ini, akun twitter @niafajriyani, serta akun instagram @niafajriyani pada tanggal 31 Januari 2015, dan sekali lagi, keputusan akhir tidak dapat diganggu gugat.



\(^o^)/

Have a blessed day!