expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Saturday 8 November 2014

[Special Giveaways] #SGANia November 2014 ft Lawang Buku : My Hero, My History, My Life


Hola!

Selamat 10 November, Selamat Hari Pahlawan, Selamat ulang tahun Mamih tersayang, dan Selamat 11 tahun hijab kesayangan.

Wuih! Rombongan, hahaha.

Jadi ya, 10 November itu memang maknanya banyak bagi saya. Bukan sekadar ini adalah tanggal di mana ada perayaan khusus bernama "Hari Pahlawan" di Indonesia, yang informasinya sudah khatam dihapal di luar kepala sejak mulai bersekolah. Melainkan juga, ada momen-momen spesial lainnya bagi saya pribadi. Mulai dari tanggal kelahiran Mamih tercinta, guru Sejarah bagi para siswanya, juga guru kehidupan bagi anak-anak beliau; terutama saya. Kalau ditanya siapa pahlawan terbesar yang keberadaannya bermakna signifikan bagi saya, tentu saja akan saya jawab IBU tanpa ada keraguan sedikit pun. Bukan berarti menafikan peran Ayah, tidak. Keduanya berperan signifikan melalui cara masing-masing hanya saja Ibu memegang peran yang lebih signifikan dibandingkan Ayah. Jadi, ya, pahlawan terbesar di dalam kehidupan saya adalah Ibu saya. Selamat ulang tahun, Ibu cuyuuung, yang kalau sedang kesal dengan kemalasan saya akan berkata, "Dasar... Dasar... Tuan Putri Nia...." dan saya dengan asalnya menjawab, "Ada apa, wahai Ibunda Permaisuri Ratu?". Kemudian, Ibu akan balas mengatakan, "Kapan Wo Nia kasih cucu ke Ibu? Cucu kandung, ya..." dan saya pun akan pura-pura mulas, kabur ke kamar mandi.

Begitulah. Terkadang hubungan kami penuh ketegangan, terkadang penuh haha-hihi, dan terkadang pula... ngg... absurd. Terkadang sama-sama kangen, tetapi sama-sama gengsi. Terkadang saling curhat, terkadang saling menasihati. Emm, lebih banyak saya sih yang dinasihati, hahaha. Doakan supaya Ibu saya selalu dilimpahi berkah dan kesehatan, ya. Aamiin. Eh, tapi, dibanding saya, kondisi kesehatan Ibu saya jauh lebih keren sih memang hahaha. Duh, ah, kangen. Untung minggu depan kami akan bertemu di Jakarta, sekaligus tahlilan 40 hari atas meninggalnya om kesayangan saya; adik bungsu (laki-laki) Ibu.

Momen lainnya, ya saya tidak menyangka saja kalau bisa berhasil bertahan mengenakan hijab selama 11 tahun tepat di tanggal 10 November 2014 ini. Hahaha. Mengingat betapa blangsakan-nya saya, ini sebuah pencapaian yang patut disyukuri. Doakan istiqomah, ya. Iyaa~

Nah, dengan alasan-alasan spesial di tanggal 10 November di atas, untuk giveaway saya di bulan November mengambil tema "pahlawan", "sejarah", dan "kehidupan". Pas juga, di bulan November ini saya didukung oleh toko buku super kece bernama Lawang Buku. Kalau tinggal di Bandung dan tidak kenal Lawang Buku, sih, namanya kalian tidak gaul hahaha...  *ditimpuk*

Hadiah-hadiah untuk para pemenang bukan hanya dari saya, melainkan juga dari Lawang Buku. Jangan salah, buku dari Lawang Buku yang akan diberikan kepada para pemenang bisa dijamin kualitas dan kelangkaannya. Jadi, pastinya bukan buku-buku populer kebanyakan. Pastinya juga, akan terkait dengan buku Sejarah dan tokoh pergerakan atau kemerdekaan di Indonesia. Kalau kalian tidak mau, ya buku-buku dari Lawang Buku untuk saya saja semuanya. Ahaks!

Supaya kalian tidak keburu terkena migrain akibat cerocosan saya yang semakin tidak karuan, mari kita simak ketentuan untuk Special Giveaways alias #SGANia bulan November.

Cekidooott~~~

***

#SGANia

Tema
My Hero, My History, My Life.

Di kesempatan giveaway kali ini saya ajak kalian untuk membuat tulisan fiksi maupun non-fiksi yang sesuai dengan tema. Lebih diutamakan yang memuat ide-ide kalian terkait dengan Sejarah dan kepahlawanan (dalam arti luas) terhadap diri kalian, terutama terhadap kehidupan kalian hingga saat ini. Boleh juga jika kalian memiliki ide-ide terkait kehidupan dalam arti yang lebih luas, misalnya terkait dengan isu-isu yang sedang menjadi trending topic saat ini atau permasalahan sosial yang terjadi di sekitar kalian.

Tulisan dibuat se-kreatif mungkin. Harus karya orisinil kalian, jangan mencontek atau copas dari tulisan orang lain. Cantumkan sumber, jika kalian merujuk tulisan dari sumber tertentu.

Saya lebih menghargai tulisan yang baik, yang sesuai dengan EYD. Apabila tulisan kalian berupa esai, tulisan tersebut harus sesuai dengan kaidah penulisan formal yang berlaku. Jika poin ini kalian ikuti, tentunya akan menjadi nilai plus di dalam proses penjurian nantinya.


Peraturan Umum
  1. Peserta adalah WNI yang tinggal di manapun di seluruh dunia, asalkan alamat pengiriman merupakan alamat di Indonesia.
  2. Peserta terbuka untuk semua semua kalangan serta segala jenis usia dan profesi. Terbuka pula untuk yang pernah menang di giveaway saya sebelumnya.
  3. Lomba dimulai sejak tanggal 10 November dan berakhir tanggal 10 Desember 2014 pukul 23.59 WIB.
  4. Setiap peserta hanya diperbolehkan untuk mengirimkan satu buah karya, pilih salah satu antara karya fiksi atau non-fiksi. 

Peraturan Khusus
  1. Peserta yang memiliki akun twitter WAJIB mem-follow akun twitter saya @niafajriyani dan @lawangbuku
  2. Peserta wajib mempublikasikan informasi mengenai #SGANia edisi November 2014 di twitter. Lihat ketentuan posting di twitter.
Apabila peraturan ini diikuti, maka peserta akan mendapatkan poin plus dalam penilaian.


Hadiah
Hadiah yang sudah disiapkan oleh saya dan @lawangbuku adalah sebagai berikut.

Pemenang Pertama
  1. Buku langka karangan Adam Malik yang berjudul Mengabdi Republik (3 jilid)
  2. Buku karangan Tan Malaka yang berjudul Aksi Massa
  3. Buku karangan Tan Malaka yang berjudul Gerpolek: Gerilya, Politik, Ekonomi

Pemenang Kedua
  1. Buku langka karangan Paul W. van der Veur yang berjudul Kenang-kenangan Dokter Soetomo (berisi ide dan pemikiran dari Dokter Soetomo)
  2. Buku karangan Tan Malaka yang berjudul Aksi Massa
  3. Buku karangan Gamal Kamandoko yang berjudul Boedi Oetomo

Pemenang Ketiga
  1. Buku langka karangan Kathlen Newland dan Kemala Candrakirana Soedjatmoko (sebagai Penyunting) yang berjudul Menjelajah Cakrawala: Kumpulan Karya Visioner Soedjatmoko (tokoh PSI)
  2. Buku karangan Tan Malaka yang berjudul Gerpolek: Gerilya, Politik, Ekonomi
  3. Buku karangan Gamal Kamandoko yang berjudul Gajah Mada

1 orang peserta yang mengirimkan karya tercepat akan mendapatkan bonus buku juga dari saya, dan tetap akan mendapatkan hak yang sama untuk melalui proses penilaian menjadi pemenang pertama hingga ketiga.

Bukan tidak mungkin jika saya akan menambahkan hadiah apabila banyak peserta yang mengikuti kompetisi menulis ini.

Untuk buku-buku dari Lawang Buku merupakan buku-buku lama, jadi bukan merupakan buku baru. Tetapi, dalam kondisi baik dan dibungkus plastik rapi. Sementara buku-buku dari saya masih dalam kondisi tersegel, meskipun ada yang segelnya sedikit terkoyak tetapi tidak mempengaruhi kondisi buku. Intip buku-bukunya di sini.


Ketentuan Membuat Tulisan
  1. Bagi peserta yang memiliki blog (platform apapun) atau facebook diperbolehkan untuk menuliskan karya di dalam blog atau note di facebook. Di akhir tulisan, kalian WAJIB mencantumkan Tulisan ini diikutsertakan di dalam #SGANia bulan November 2014, kemudian masukkan backlink ke informasi giveaway ini [insert URL link - http://kata-nia.blogspot.com/2014/11/SGANia-Nov14.html]
  2. Bagi peserta yang tidak memiliki blog, silakan kirim karya kalian ke alamat email saya: niafajriyani@gmail.com. Tetapi, kalian harus bersedia supaya karya kalian saya tampilkan di blog saya yang ini (nama peserta akan saya cantumkan) supaya kompetisi berlangsung dengan fair dan peserta yang lain dapat membaca karya kalian.
  3. Cantumkan link tulisan kalian (peserta yang menuliskan di blog atau note facebook) ke dalam kolom komentar di bawah ini. Untuk peserta yang mengirimkan karya lewat email, cantumkan alamat email kalian yang digunakan untuk mengirimkan tulisan di kolom komentar di bawah ini.
  4. Tidak ada batasan jumlah minimal dan maksimal kata untuk tulisan kalian. Kreasikan sesuai yang kalian inginkan. Mau jumlah kata di tulisan kalian ada sedikit atau banyak atau sangat banyak, semuanya akan dibaca oleh saya dan tim penilai lainnya. Yang paling penting adalah poin-poin yang ingin kalian sampaikan dan bagaimana kalian mengemas poin-poin tersebut ke dalam tulisan yang menarik.

Ketentuan Menuliskan Komentar di Kolom Komentar
Ikuti format berikut ini dalam menuliskan komentar kalian sebagai peserta #SGANia edisi November 2014.

Peserta yang mengirimkan karya melalui blog atau note facebook
Nama (tuliskan nama lengkap)
Akun Twitter (jika ada)
Judul dan Link Tulisan

Peserta yang mengirimkan karya melalui email
Nama (tuliskan nama lengkap)
Akun Twitter (jika ada)
Email (yang digunakan untuk mengirimkan karya)
Judul Tulisan


Ketentuan Posting di Twitter
Bagi peserta yang memiliki akun twitter wajib mem-posting kamu harus mengikuti format yang saya tentukan, yaitu:

Saya mengikuti #SGANia @niafajriyani dan @lawangbuku [link info #SGANia November 2014 ft Lawang Buku : My Hero, My History, My Life] 

Contoh
Saya mengikuti #SGANia @niafajriyani dan @lawangbuku http://kata-nia.blogspot.com/2014/11/SGANia-Nov14.html

Ingat ya, URL yang dicantumkan di postingan twitter adalah URL postingan saya terkait #SGANia ini.

***

Kompetisi ini diadakan selama satu bulan, terhitung tanggal 10 November - 10 Desember 2014 pukul 23.59 WIB. Masih ada banyak waktu untuk mengikuti kompetisi.

Pemenang akan diumumkan melalui blog saya yang ini serta dipublikasikan juga di akun twitter saya @niafajriyani pada tanggal 21 Desember 2014 pukul 21.00 WIB.

Saya akan memilih para pemenang penilaian saya sendiri dengan dibantu oleh tim penilai lainnya. Keputusan akhir tidak dapat diganggu gugat.

Tunggu apalagi?

Ayo segera ikuti kompetisi ini sekarang juga!

\(^o^)/

Have a blessed day!





***
SPONSOR




***
MEDIA PARTNER


***

UPDATE PESERTA
  1. Zaitun Hakimiah - Ayo Sekolah!
  2. Umi Marfa - Pahlawan Tanpa Tanda Jasa
  3. Artha Maula Amalia - Bidan Pahlawan Dunia
  4. Ipeh Alena - #SGANia My Hero, My History, My Life
  5. Dwi Ananta - Mengenang Perempuan Tercantik di Dunia
  6. Hariyanto Wijoyo - Hero
  7. Ardi Wahyudi - Jadi Pahlawan
  8. Fredy Setiawan - Janji Masa Kecil
  9. Kania Ningsih - Penjual VCD Itu Pahlawan Saya
  10. Inda Chakim - Kawan Buruh
  11. Yoga Prakoso - Sebuah Pesan untuk Anakku Kelak
  12. Mbak Hobbit (tulisan dikirim via email) - Setiap Orang adalah Pahlawan bagi Kotanya
  13. Leyla Imtichanah (data dikirim via email) - Jika Tidak Ada Ibu
  14. Ika Ratnasari - My Hero(es), My History, My Life
  15. Fitriansyah - A Little Hero in My Life
  16. Riska - Pahlawan di Hatiku
  17. Nurul Ahaddiah - Pahlawan dari Semua Pahlawan
  18. Zainun Nasikah - Meneruskan Perjuangan Pahlawan Muslimah
  19. Rakhmad HP (tulisan dan data dikirim via email) - Aki Kusnadi & Mahasiswa Pahlawan Revolusi
  20. Mugniar - Selamat Jalan Perempuan Berwajah Teduh
  21. Zulfy Rahendra (tulisan dan data dikirim via email) - Kepada: Tuan Pemilik Nama dalam Doa
  22. Ryan Hasanin - Untuk Eyang, Pahlawanku
  23. Ahmad Zaki Fauzi (tulisan dikirim via email) - Danuh
  24. Miftaahul Jannah - Dia
  25. Ines Agusta P - Terimakasih Bapak, Engkaulah Pahlawan di Hati Kami Semua


66 comments:

  1. kak itu peraturan khusus nomer 2 seharusnya SGANia kan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh iya. Sudah diperbaiki. Makasih feedback-nya Dias ;)

      Delete
  2. wah senangnya... teruslah semangat mempertahankan jilbabnya mbak... istiqomah, insya allah berkah :D

    ReplyDelete
  3. Berpikir keras buat ikutan GA ini :)

    ReplyDelete
  4. Nama : Zaitun Hakimiah NS
    Twitter : @NSMia
    Judul : Ayo Sekolah!
    Link Tulisan : http://wamubutabi.blogspot.com/2014/11/ayo-sekolah.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak, saya ikutan yaa, meski kayaknya agak melenceng dari tema yang diberikan, muehehee :3

      terima kasih :D

      Delete
    2. Masih seiya sekata dengan tema kok ;)

      Delete
  5. Wah, kereen GA nya, semoga bisa ikutan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo ayo ikutan. Masih ada waktu sebelum deadline ;)

      Delete
  6. Ikut mbaaaa :D

    Nama : Umi Marfathonah
    Akun Twitter : @umimarfa
    Judul dan URL Tulisan : Pahlawan Tanpa Tanda Jasa
    http://umimarfa.blogspot.com/2014/11/pahlawan-tanpa-tanda-jasa.html

    ReplyDelete
  7. saya ikutan lagi...

    Nama: Artha Maula Amalia
    Akun twitter: @argalitha
    Judul dan link tulisan: Bidan Pahlawan Dunia http://www.argalitha.pw/2014/11/bidan-pahlawan-dunia.html

    dibaca ya, semoga suka dan jatuh cinta #eh ^^

    ReplyDelete
  8. Nama : Ipeh Alena
    Twitter : @ipehalena
    Link : #SGANia My hero, my history, my life http://ipehalena.tumblr.com/post/103550864439/sgania-my-hero-my-history-my-life

    ReplyDelete
  9. Waaah, hadiah bukunya keren-keren banget. Semoga rame yang ikutan..

    ReplyDelete
  10. Nama: Dwi Ananta
    Twitter: @dwianantasari
    Link: Mengenang Perempuan Tercantik di Dunia http://dweedy.blogspot.com/2014/12/mengenang-perempuan-tercantik-di-dunia.html

    ReplyDelete
  11. Mau bukunya tan malaka...ahhh mau ikut...*cari ide*

    ReplyDelete
    Replies
    1. ditunggu lho tulisannya. DL masih seminggu lagi :)

      Delete
  12. Replies
    1. Boleh kak Inda. Tapi penanggalannya diubah ya, kalau mau direvisi dulu gpp ;)

      Delete
  13. Mohon ijin untuk ikut mendaftarkan diri ya..

    Nama : Hariyanto Wijoyo
    Twitter : @hariyantowijoyo
    Judul : Hero
    URL : http://hariyantowijoyo.blogdetik.com/2014/12/05/hero/

    Terimakasih, berharap bisa menjadi salah satu pemenang..
    keep happy blogging always,,,salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap dicatat. terimakasih sudah ikut berpartisipasi, pak. salam kenal dari Bandung... :)

      Delete
  14. Izin merapat, kak :)

    Nama: Ardi Wahyudi
    Twitter: @ardiologi
    Judul: Jadi Pahlawan?
    Link: http://ardiologi.wordpress.com/2014/12/05/jadi-pahlawan/

    ReplyDelete
  15. Here we go...

    Nama: Fredy Setiawan
    Twitter : @fredy_ae
    Judul : Janji Masa Kecil
    Link : http://www.fredysetiawan.com/2014/05/janji-masa-kecil.html

    ReplyDelete
  16. Nama: Kanianingsih
    Twitter: @kanianingsih
    Judul: Penjual VCD Itu Pahlawan Saya
    Url: http://catatantentangbuahhati.blogspot.com/2014/12/penjual-vcd-itu-pahlawan-saya.html

    ReplyDelete
  17. Daftar mbak nia
    Nama : Inda Safitri
    Judul : Kawan Buruh
    URL : http://mumaken.blogspot.com/2014/12/kawan-buruh.html

    Terima kasih : )

    ReplyDelete
  18. Daftar mbak nia
    Nama : Inda Safitri
    Judul : Kawan Buruh
    URL : http://mumaken.blogspot.com/2014/12/kawan-buruh.html

    Terima kasih : )

    ReplyDelete
  19. waah banyak momen yang erjadi di 10 november ya mbaa, keren2 jugak bukunya :)

    ReplyDelete
  20. Nama: Yoga Prakoso
    Akun Twitter: @YogaPrakoso01
    Judul dan Link Tulisan: Sebuah Pesan untuk Anakku Kelak http://yogaprakosonugroho.wordpress.com/2014/12/08/sebuah-pesan-untuk-anakku-kelak/

    ReplyDelete
  21. Mbak Ni, saya mau daftar.

    Nama: Mbak Hobbit
    Twitter: @mbakhobbit
    Email: mbakhobbit@gmail.com
    Judul Tulisan: Setiap Orang adalah Pahlawan Bagi Kotanya.

    Terima kasih. :)

    ReplyDelete
  22. Yaccchhhhh...telat dech tinggal 1 hari lagi males ach

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih ada waktu sekitar 14 jam lho sekarang :)

      Delete
  23. Nama : Ika Ratnasari
    Akun Twitter : @beyondblindfold
    Judul Tulisan : My Hero(es), My History, My Life
    Link Tulisan : http://kachokako.blogspot.com/2014/12/my-heroes-my-history-my-life.html

    ReplyDelete
  24. Nama : Fitriansyah
    Akun Twitter : @vitox_vy
    Judul tulisan : A Little Hero In My Life
    Link Tulisan : http://duniavy.tumblr.com/post/104809058554/a-little-hero-in-my-life

    ReplyDelete
  25. daftar
    nama : riska
    twitter:@sheieka
    judul: pahlawan di hatiku
    url:http://anakbawangimut.blogspot.com/2014/12/pahlawan-di-hatiku.html

    ReplyDelete
  26. Nama : Nurul Ahaddiah
    Akun Twitter : @noe_dee
    Judul Tulisan : Pahlawan dari semua Pahlawan
    Link Tulisan: http://noe-dee.blogspot.com/2014/12/pahlawan-dari-semua-pahlawan.html

    ReplyDelete
  27. Nama : Zainun Nasikah
    Akun Twitter : @Nuunzai_Zn
    Judul : Meneruskan Perjuangan Pahlawan Muslimah
    Link : http://siriuspedhia.blogspot.com/2014/12/meneruskan-perjuangan-pahlawan-muslimah.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah dicatat... jangan lupa submit info via twitter, ya, Zainun :)

      Delete
  28. Mak daftar ya... baru liat infonya dan kebetulan ada tulisan saya yang di antara waktu penyelenggaran GA yang mudah2an cocok utk GA ini. kalo gak cocok ... hiks ... namanya juga sudah usaha :D

    Nama: Mugniar
    Twitter: @Mugniar
    Judul: Selamat Jalan Perempuan Berwajah Teduh
    Link: http://mugniar.blogdetik.com/2014/12/03/selamat-jalan-perempuan-berwajah-teduh/

    Saya naksir bukunya .. saya penggemar buku2 nonfiksi .... mudah2an saja tulisan saya berkenan ya Mak ... makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaahhh... ada mak Mugniar ikut juga... Siap dicatat mak :)

      Delete
  29. Masgemboool
    @ryanhasanin
    judul: #SGANia Bulan November: Corat-coret Memoar Tentang Eyang

    http://masgemboool.blogspot.com/2014/12/sgania-bulan-november-corat-coret.html

    ReplyDelete

  30. Nama  : Ahmad Zaki Fauzi
    Akun Twitter : @aaahmadzaki
    Email : zakiahmad669(at)gmail.com
    Judul Tulisan : Danuh

    ReplyDelete
  31. Nama Miftaahul Jannah
    Akun Twitter @heymiftah
    Judul dan Link Tulisan
    http://heymiftah.blogspot.com/2014/12/dia.html

    ReplyDelete
  32. Mak... Daftar.... :)
    Nama : Ines Agusta P
    Twitter: @inesagustaph
    Judul: Terimakasih Bapak, Engkaulah Pahlawan di Hati Kami Semua
    Link tulisan: http://efkharista.blogspot.com/2014/12/terimakasih-bapak-engkaulah-pahlawan-di.html

    ReplyDelete