expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Sunday 31 January 2016

[Special Giveaways] #MBRCKBI2015 : Pengumuman Pemenang

Hola!

Siapa yang sudah tidak sabar untuk menantikan pengumuman pemenang #MBRCKBI2015? Cung! Huehehe~

Setelah melalui pergulatan panjang untuk memilah siapakah yang paling dianggap layak menjadi pemenang di tantangan pertama Monthly Book Review Challenge - Klub Buku Indonesia, akhirnya saya dan tim saya bisa juga menentukan pemenang utama di tantangan tersebut. Total ada tiga orang juri, dan bisa dibilang bahwa kami sama-sama amatir dalam hal ini.

Kriteria dasar yang menjadi ketentuan pertama dalam menyeleksi ke-empat finalis adalah dari seberapa konsisten mereka mengikuti setiap persyaratan. Ada hal-hal kecil yang luput untuk diikuti oleh beberapa peserta, misalnya, konsistensi dalam mengirimkan update bulanan untuk review mereka ke email saya. Setelah itu, baru kami mencoba menyeleksi berdasarkan kualitas tulisan. Sebenarnya, agak tricky untuk menilai kualitas tulisan karena unsur subjektivitas sulit dihindari. Tapi, kami mencoba objektif, blind scoring tanpa melihat tulisan siapa yang sedang kami nilai, dan menilai berdasarkan skala 1-10 untuk setiap kriteria yang kami tentukan. Nah, untuk menentukan kriteria ini, sejak jauh hari kami memutuskan untuk mengacu pada tiga sumber, yaitu ini, ini, dan ini. Kemudian, kami mengerucutkan menjadi 4 kriteria penilaian untuk isi dari review setiap peserta, yaitu:
  1. Identitas buku
  2. Rangkuman atau sinopsis buku
  3. Analisis dan evaluasi (mencakup pandangan serta pengalaman personal selama membaca dan mengikuti diskusi buku)
  4. Kesimpulan dan rekomendasi


Berdasarkan penilaian untuk ke-empat finalis, masing-masing finalis memperoleh nilai total, yaitu:
Peserta 1
Peserta 2
Peserta 3
Peserta 4
90
102
87
95

Siapakah pemilik skor tertinggi di atas?

Jengjengjengjeeengg~~



Selamat kepada Nurul Fadhilah Yaumil -- atau yang akrab disapa Dhila alias Princess Zimbabwe  --karena telah menjadi pemenang utama dalam tantangan perdana Monthly Book Review Challenge - Klub Buku Indonesia. Berikut ini adalah rincian lainnya.

Peserta 1:
Rifdha Shadrina
Peserta 2:
Nurul Fadhilah Y
Peserta 3:
Fitriansyah
Peserta 4:
Angsukma Putri D
90
102
87
95

Pemenang utama mendapatkan hadiah-hadiah dari saya dan sponsor:
  1. Paket buku dari saya
  2. Paket buku dari Mamah Asti
  3. Paket buku dan voucher yang bisa ditukarkan dengan buku dari Kak Enny
Tiga orang finalis lainnya akan mendapatkan hadiah juga dari saya.


Tunggu kabar selanjutnya langsung dari saya kepada kalian semua. Sekali lagi, selamat! \(^o^)/


***


Menurut saya pribadi, peserta yang lolos ke tahap akhir dari #MBRCKBI2015 itu too predictable. Sejak awal saya mengenal mereka di grup Whatsapp Klub Buku Indonesia, mereka ini memang orang-orang yang memiliki persistensi tinggi serta sering terlibat aktif dalam keseharian rutinitas di dalam grup -- baik sebagai peserta grup, PIC pembahasan harian, backup pembahasan, dan lainnya. Jadi, saya tidak merasa heran jika dalam setahun kemarin, hanya mereka berempat yang konsisten mengikuti tantangan.

Mulai awal tahun 2016 ini ada konsep baru di dalam pembahasan buku bulanan -- yang sekarang programnya bernama #GibahBuku, di mana ada dua kali pembahasan buku bersama di tiap bulannya (di pekan ke-dua dan pekan ke-empat) serta ada grup kecil berisi tiga orang anggota grup Whatsapp Klub Buku Indonesia yang menjadi pembahas setiap buku sesuai genre yang ditentukan oleh PIC #GibahBuku kepada tiap grup kecil. 

Saya masih berharap akan ada wajah-wajah baru di peserta #MBRCKBI2016, mengingat ada wajah-wajah baru juga di grup Whatsapp Klub Buku Indonesia. Bagi kalian yang ingin mengikuti tantangan #MBRCKBI2016, nantikan informasi selanjutnya dari saya, di awal bulan Februari 2016.

Pssstt...

Sudah ada beberapa sponsor baru yang siap meramaikan #MBRCKBI2016 lho...


\(^o^)/

Have a blessed day!