expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Sunday 8 March 2015

Master Post: Asia Pasific History Reading Challenge 2015


Hola!

Akhirnya setelah berpikir panjang, saya mau mencoba ikut tantangan membaca (dan me-review buku yang sudah dibaca tersebut) yang diadakan oleh beberapa blogger. Berhubung ini baru pertama kalinya saya lakukan -- saya juga baru sekitar setahun belakangan ini mencoba "peran" sebagai blogger buku -- jadi saya blog-walking dulu ke beberapa informasi mengenai reading challenge yang diadakan pada tahun 2015 ini, menimbang beberapa hal (terutama terkait dengan personal interest saya terhadap beberapa tema), serta mencoba merefleksi diri dahulu untuk menentukan genre mana saja yang sudah agak lama tidak saya sentuh (karena saya sedang lebih banyak fokus pada buku-buku sastra, termasuk sastra anak) supaya saya memiliki alasan khusus untuk mau mengikuti tantangan tersebut.

Akhirnya, saya memutuskan untuk mengikuti tantangan yang diadakan oleh Bang Helvry, ya Asia Pasific History Reading Challenge ini. Kebetulan sudah sangat lama tidak secara khusus membaca buku-buku yang membahas sejarah negara-negara Asia Pasific. Setahun belakangan justru lebih banyak membaca buku yang banyak mengupas sejarah Amerika Serikat dan Eropa -- terutama dari buku sastra klasik yang saya baca. Paling mentok juga membaca buku yang membahas sejarah Indonesia melalui buku fiksi, itu pun lebih banyak yang membawa isu pasca 1965.

Saya belum menentukan buku apa saja yang akan saya baca, tetapi target saya setidaknya membaca lima buku terkait. Saya akan segera update judul dan pengarang buku yang akan saya baca setelah saya selesai mendata buku-buku yang belum saya masukkan ke daftar Personal Library of Nia.

Jika kalian ingin mengikuti tantangan yang sama, bisa langsung meng-klik banner di atas yang terhubung dengan informasi Asia Pasific History Reading Challenge 2015.

Semoga saja bisa konsisten!
\(^o^)/


Have a blessed day!